cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Media Akademika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 26, No 1 (2011)" : 6 Documents clear
Diskursus Tuhan dalam Pemikiran Etika Immanuel Kant: Memaknai Agama dalam Kehidupan Manusia Huda, Samsul
Media Akademika Vol 26, No 1 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam lapangan filsafat, terdapat banyak wacana pembuktian adanya Tuhan. Argumen-argumen tersebut antara lain argumen moral dan keajaiban (miracle). Artikel ini membahas tentang argumen keberadaan yang dikemukakan Immanuel Kant. Menurut penulisnya, argumen Kant sangat berkaitan dengan pemikirannya dalam bidang etika. Kant berkeyakinan bahwa kenyataan hukum moral yang universal, yang mengikat semuaorang tanpa pandang bulu, yang menjadi bukti otentik tentang keberadaan Tuhan. Dimensi ketuhanan ini mendorong manusia untuk tidak begitu saja menyerah kalah kepada tuntutan keputusasaan moral. Dengan adanya dimensi Tuhan ini, manusia lebih memilih bersikap optimis dan punya pengharapan (rajâ’) daripada bersikap pesimis atau putus asa.
Upaya Islah dalam Perkara Perceraian di Pengadilan Agama Kota Jambi Masburiyah, Masburiyah; Hasan, Bakhtiar
Media Akademika Vol 26, No 1 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perceraian adalah sesuatu yang halal tapi dibenci Allah, demikian termaktub dalam Hadis. Agar tidak terjadi perceraian, maka ada islah (perdamaian), dalam hal ini terdapat pihak yang berwenang melakukannya, yaitu hakim sebagai mediator, sebelum menuju ke persidangan perceraian. Artikel ini bertujuan mengetahui bagaimana mekanisme, upaya, serta hambatan pelaksanaan islah dalam perkara perceraian di Pengadilan Agama Kota Jambi.
Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Syarif, maryadi
Media Akademika Vol 26, No 1 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan ujung tombak dalam pendidikan. Dalam praktiknya, kinerja guru dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain faktor internal seperti motivasi kerja dan disiplin, yang tak kalah penting adalah faktor eksternal seperti hubungan guru dengan pihak lain. Artikel ini mengurai kinerja guru yang dipengaruhi oleh komunikasi interpresonal dan supervisi kepala sekolah. Dua hal ini sangat berpengaruh besar terhadap kinerja guru
Birokratisasi di Era Otonomi dan Demokrasi Lokal di Jambi Mubarok, Haris
Media Akademika Vol 26, No 1 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis birokratisasi yang terjadi di Indonesia umumnya dan di Jambi khususnya terutama sekali dari faktor dan dampak birokratisasi. Dalam masalah ini, faktor utama birokratisasi yang melanda Indonesia adalah reformasi pada tahun 1997/1998 yang membawa pengaruh kepada perubahan politik khususnya otonomi dan demokrasi lokal. Dengan perubahan ini pemerintah daerah mempunyai kekuasaan untuk mengangkat pegawai birokrasi sesuai dengan kebutuhan daerah. Di samping itu, eforia reformasi juga berdampak terhadap pemekaran daerah sehingga daerah baru sangat banyak memerlukan pegawai baru. Otonomi juga menimbulkan bidang kerja baru di daerah yang memerlukan tenaga baru untuk mengisi jabatan tersebut. Munculnya spesialisasi ini tidak terlepas dari usaha birokrat untuk memperbesar pegawai birokrat di dalam organisasi birokrasi. Implikasi negatif dari masalah ini adalah kedisiplinan, akuntabilitas ataupun moral birokrat sukar untuk dikontrol.
Model Pembiayaan Pendidikan di Indonesia Armida, Armida
Media Akademika Vol 26, No 1 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembiayaan dalam dunia pendidikan bukanlah hal sederhana. Di negara maju, pembiayaan pendidikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab negara. Dalam sejarah Indonesia, setidaknya ada dua model pembiayaan pendidikan. Model pertama adalah sentralisasi, yang dilaksanakan pada masa Orde Baru. Bersamaan dengan reformasi dengan semangat desentralisasi, persoalan pendidikan dasar dan menengah menjadi tanggung jawab daerah.Dalam hal pembiayaan, ada tiga komponen yang bertanggungjawab: pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat. Dalam perjalannya, ketiga komponen ini sering tidak satu kata. Walhasil, amanat undang-undang bahwa pendidikan memeroleh 20 persen anggaran acap tidak terlaksana.
Language Learning Strategies of High School Students alfian, Alfian
Media Akademika Vol 26, No 1 (2011)
Publisher : Media Akademika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Research has shown that there are many factors, such as gender, age, motivation, performance, culture and achievement that relate to language learning strategies. The majority of research about language learning strategies has been conducted in various countries, especially in university settings. However, there are few studies about language learning strategies conducted in Indonesia. Meanwhile, English is a compulsory subject in Indonesia, but many students are unsuccessful in learning it. This may be closely related to the strategies that students in Indonesia use to learn English. My research investigates language-learning strategies of EFL students at high schools in Jambi, Indonesia. The research examines the relationship between strategies used and gender. The research also emphasizes examining the strategies used by successful and unsuccessful language learners. Therefore, the study was conducted into two parts. The first part included 80 participants who responded to a questionnaire on language learning strategies (SILL). In the second part, 8 participants who were successful and unsuccessful learners were interviewed in order to understand the strategies that are used. The SPSS version 9.0 for Windows was used to analyze the quantitative data from the questionnaire; the qualitative data from interviews was analyzed by using thematic analysis. The result shows that there are no differences of language learning strategies preference between males and females. However, successful students used more strategies than unsuccessful students, especially cognitive and metacognitive strategies. Furthermore, all students frequentlyused social, cognitive and metacognitive strategies. My research led me to conclude that this model of strategies can be used by unsuccessful language learners to help them learn English.

Page 1 of 1 | Total Record : 6